Belajar Bahasa Mandarin

Apa Yang Dimaksud Dengan Bahasa Mandarin

Apa Yang Dimaksud Dengan Bahasa Mandarin


Yang dimaksud bahasa Mandarin adalah bahasa nasional, RRT. Di RRT bahasa ini dinamakan pǔtōnghuà ( 普通话) Oleh karena itu kata-kata yang dikenal dalam bahasa Indonesia tidak baku seperti angpau, siomai, gopek, koukou, atau bakpau tidak akan di temukan dalam bahasa baku ini, Karena kata-kata itu tidak berasal dari bahasa Mandarin melainkan bahasa Hokkian.

Ejaan yang di gunakan dalam bahasa ini adalah hànyǔ  pīnyīn (汉语拼音)yang biasa di singkat pīnyīn saja. Bahasa mandarin ini menggunkan lafal dialek Tiongkok Utara - běijīng huà 【北京话】 sebagai lafal baku, tata bahasa dari bahasa daerah mandarin bàifǎng fàngyán 【拜访放羊】 sebagai tata bahasa baku, dan kosakata modern dari kesusastraan Tiongkok sebagai kosakata baru.

Bahasa Mandarin juga dijadikan bahasa nasional Taiwan dengan nama guóyǔ【国语】。 di Singapura dan Malaysia bahasa ini di namakan huáyǔ【华语】。"Mandarin" berasal dari kata mandarin  dalam bahasa portugis, Istilah ini berasal dari kata mantri dalam bahasa Melayu berarti "menteri".

Kata mentri berasal dari bahasa Sankerta mantrin yang berarti "nasehat" Kata mandarin merupakan terjemahan dari guānhuà【官话】 yang berarti "Bahasa pejabat" Awalnya istilah ini di gunakan untuk menunjuk bahasa pejabat pemerintah di ibu kota Beijing. mulai dinasti Yuan, kota beijing di tetapkan sebagai ibu Kota.

About klik kanan channel

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.